Rabu, 18 April 2012

UJIAN NASIONAL / UN?

Pilihan itu ditanganmu murid-murid kelas XII SMA!

Hha terlalu klise ya?

Awalnya ketika masuk kelas XII terbayang-bayang tentang UN didepan mata,
seperti tatapan hewan buas yang siap menerkam.

Paradigma dan asumsi itu muncul karena pers media mengumbar kejelekan dan kebobrokan penyelenggaraan UN, serta kekhawatiran orang tua dan guru jika murid atau anak mereka tersebut gagal dalam UN.

Tapi UN tak begitu menakutkan,
percaya deh hha.

Seperti try out (bagi murid yang benar-benar serius TO), hanya masalahnya tekanan yang besar dari pihak sekolah dan orang tua yang menjadikan kalian merasakan kesulitan dan hambatan saat mengerjakan soal UN!

Tapi sekarang bagaimana caranya menangani tekanan itu, agar tidak berdampak pada psikis dan mental kalian?

Hanya satu,
yaitu camkan dari hati terdalam kalian bahwa UN tak lebih sulit dari TO! Hhaha

mudah kan?
Hmm..
Mungkin kalian berharap ada solusi dan cara yang lebih ilmiah dan teruji.

Sayang saya bukan peneliti dan psikolog,
tapi saya adalah peserta UN yang lolos dari jeratannya hha.

Jadi saya memberi solusi apa yang saya rasakan saat melewati ujian harga mati tersebut,
dan percaya atau tidak saya berhasil kan? (walau dengan bantuan sedikit hhaha)

memang sulit,
sayapun merasakannya!
Mencoba menghilangkan rasa 'takut gagal' itu. Tapi saya tidak terlalu memikirkan bagaimana orang-orang meminta UN dihilangkan, sibuk mencari kelemahan UN dan tidak efektifnya UN bagi pelajar. Dengan membuang waktu karena itu toh tetap saja akhirnya kita juga yang menjadi korban dari sistem tersebut? Jadi buat apa berpikir keras bagaimana menghilangkan UN tapi coba berpikir bagaimana caranya lolos dari jebakannya.

Kembali ke solusi yang saya tawarkan dengan menganggap UN tak lebih sulit dari TO sekali lagi itu kenyataan kan hha,

program sekolah yang menyajikan TO-TO mandiri, bekerjasama dari pihak swasta serta dari pemerintah tak terhitung jumlahnya, ditambah dari TO bimbel.

Seharusnya UN mudah bagi pelajar,

tapi masalah mental yang jadi masalah!

Kuatkan hati kalian, jangan dengarkan mereka meracau tentang harga mati, jangan pikirkan tentang kegagalan tapi bayangkan bagaimana ketika kalian berhasil melewatinya.

Hmm...
Rasanya luar biasa!
Hhahaha sumpah!

Tidak ada komentar:

Posting Komentar