Senin, 04 Juni 2012

sekilas mengenai euro 2012


Euro 2012 merupakan sebuah kata singkat dari kepanjangan Kejuaraan Sepak Bola Eropa UEFA 2012. Menurut yang dilansir Bandar Euro 2012 Terpercaya, ajang ini nantinya akan menjadi pertandingan antara beberapa negara yang basisnya terletak di sekitar benua Eropa. Tidak sama dengan Piala Dunia yang sampai melibatkan tim nasional di benua-benua lainnya.
Sebagaimana menurut yang diketahui oleh Bandar Euro 2012 Terbaik, pertandingan final akan dihelat oleh Polandia serta Ukraina. Hingga saat ini, menurut informasi yang didapat, pelaksanaannya akan digelar sekitar tanggal 8 Juni – 1 juli 2012. Ajang Euro 2012 ini merupakan sebuah kompetisi terbesar yang pertama kali diselenggarakan oleh kedua negara tersebut. Bandar Euro 2012 mendapatkan kabar bahwa kebijakan mengenai tuan rumah tersebut adalah hasil diskusi dari Komite Eksekutif UEFA, yang berlangsung pada tahun 2007 silam.
Persaingan tempat final dalam kompetisi Euro 2012 ini, akan diperebutkan oleh 16 negara sekaligus. Hasil survei Bandar Euro 2012 mendapatkan bahwa hal tersebut merupakan yang terakhir kali dilaksanakan (bermain dengan 16 negara), karena 4 tahun berikutnya, pada ajang Euro 2016, negara yang akan bermain berjumlah 24.
Sebelum mendapatkan ke-16 kandidat negara tersebut, Bandar Euro 2012 mendapatkan analisa bahwa tahun Agustus 2010, kemudian November 2011, sebenarnya ada 51 negara yang sudah bertanding untuk lolos kualifikasi. Dari sana, UEFA mendapatkan 14 negara untuk masuk ke dalam ajang Euro 2012, ditambah dengan tuan rumah (Polandia dan Ukraina), maka jumlahnya menjadi 16 negara.
Komiter Eksekutif UEFA sendiri mendapatkan hasil diskusi bahwa Polandia – Ukraina diputuskan menjadi tuan rumah, melalui sebuah meeting yang dilaksanakan pada tanggal 18 April 2007. Bandar Euro 2012 mendapatkan bahwa metode yang digunakan untuk memilih tuan rumah adalah dengan melaksanakan sebuah vote di Cardiff. Ada pula negara lain yang mencalonkan diri sebelumnya, yakni Turki – Yunani, dan Kroasia – Hungaria. Namun mereka kalah dalam pemungutan suara tersebut.

Hambatan dalam Rencana Persiapan Euro 2012
Awal Januari 2008, persiapan Euro 2012 ini sempat mengalami masalah. Diketahui oleh Bandar Euro 2012, bahwa Michael Platini selaku Presiden dari UEFA sampai memberikan sebuah siaga merah kepada panitia untuk segera menyelesaikan rencana persiapan. Hal itu dilakukannya menyusul Skotlandia sudah memberi kabar kepada UEFA, bahwa mereka siap menggantikan Polandia – Ukraina apabila tuan rumah tidak berhasil memantapkan persiapannya pada tahun tersebut. Sial bagi Skotlandia, UEFA malah memberikan kabar buruk kepada mereka, bahwa tidak akan terjadi penggantian tuan rumah untuk ajang Euro 2012.
Masalah lain yang sempat diberitakan oleh Bandar Euro 2012, adalah mengenai Ukrania. Pasalnya Stadion Olimpiade Kiev yang sedang direnovasi, malah ditunda. Sebabnya, pada tahun 2008, negara berkaitan mengalami krisis pada struktur ekonomi. Usai didiskusikan oleh pihak UEFA pada tahun 2009, mereka pun tetap meneguhkan Ukraina sebagai tempat pelaksanaan.
Bandar Euro 2012 juga sempat melansir masalah lain, terjadi pada negar pasangan Ukraina, Polandia. Menjelang berakhirnya bulan September 2008, Asosiasi Sepak Bola Polandia menyetop pekerjaannya, pasca adanya kasus korupsi. Karena hal tersebut, mereka pun harus mengambil waktu untuk mengganti beberapa staff lama dengan staff yang baru. Merespon akan hal ini, Bandar Euro 2012 mendengar berita bahwa pihak UEFA langsung ambil ancang-ancang dengan memberikan sebuah pemberitahuan kalau mereka bisa saja dicabut haknya untuk menjadi tuan rumah dalam Euro 2012 nanti.
Setahun berikutnya, tahun 2009, akhirnya Bandar Euro 2012 melansir kabar baik. Sebuah pernyataan diberitakan oleh Platini bahwa Ukraina sudah siap untuk menjadi tuan rumah pada tahun 2012 nanti. Mereka telah memberikan tanda-tanda perkembangan yang sangat signifikan dari berbagai sisi. Sehubungan hal tersebut, dia pun sekalian memberikan 4 calon kota, tempat di mana kejuaraan akan berlangsung, yaitu Donetsk, Kiev, Kharkiv, dan Lviv.
Pertandingan akan dilangsungkan pada tanggal 8 Juni 2012, dan dijadwalkan akan mencapai laga puncaknya pada tanggal 1 Juli 2012 mendatang. Tanggal tersebut dapat berubah sewaktu-waktu kalau misalkan terjadi hambatan, atau penundaan pertandingan.  Laga akan dibagi menjadi 4 Grup dalam ajang Euro 2012 ini. Setiap grup berisi 4 negara. Berikut ini, Bandar Euro 2012 memberikan list data  pembagian grupnya :
Grup A : Yunani, Russia, Polandia, dan Republik Ceko
Grup B : German, Belanda, Portugal, dan Denmark
Grup C : Irlandia, Spanyol, Kroasia, dan Italia
Grup D : Prancis, Ukraina,  Inggris, Swedia

Tidak ada komentar:

Posting Komentar